PW PII SUL-SEL
Buka puasa ini diadakan oleh keluarga besar PII Sulawesi selatan di rumah kanda Arismunandar di rumah jabatan rektor UNM Landak baru.
suasana buka puasa

Selain itu sambil menunggu  buka bersama , para hadirin mendengarkan tausiah yang di bawakan oleh salah satu KB (keluarga besar ) PII SUL-SEL  yakni kanda Nurkhalik. Dalam ceramahnya beliau menjelaskan "Hakikat ibadah puasa ialah sifatnya yang pribadi atau personal, bahkan merupakan rahasia (sirriyyah) antara seorang manusia dengan Tuhannya. Dan segi kerahasiaan itu merupakan letak seorang manusia dengan Tuhannya. Dan segi kerahasiaan itu merupakan letak dan sumber hikmahnya, yang kerahasiaan itu sendiri terkait erat dengan makna keikhlasan dan ketulusan bukan karena pengawasan sesama manusia yang lain, pengawasannya adalah pengawasan melekat dengan Tuhannya.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa saya mengkhawatirkan  akan terjadinya gesekan-gesekan di masyarakat grass root yang kadang kurang pandai menyikapi apa itu perbedaan. Mereka yang berada di masyarakat bawah mudah untuk tersulut provokasi manakala ada perbedaan yang menyangkut organisasi atau kelompok yang mereka ikuti. Namun, syukur Alhamdulillah. Apa yang saya sempat saya cemaskan ini tidaklah terjadi.

 Dan berharap semua ormas Islam dapat memberikan mandat kepada pemerintah untuk mempersatukan perbedaan-perbedaan. Salah satunya perbedaan terkait penentuan awal Ramadan dan Hari Raya Islam. Perbedaan memang harus dihormati. Tetapi jauh lebih indah jika ormas Islam di negeri ini bersatu agar umat tidak bingung menentukan dalam beribadah. 
ketua KB kak mukhlis (kiri) bersama ketua pw pii sul-sel 


Setelah ceramah dan buka puasa bersama dilanjutkan dengan shalat magrib berjamaah ,dan menyantap masakan yang di sajikan tuan rumah.

Suasana penggalangan Dana 
Selesai Acara buka bersama di lanjutkan acara penggalangan dana untuk  kegiatan musyawarah wilayah KB PII SUL-SEL. Uniknya penggalangan dana ini menggunakan nama-nama ikan sebagai simbol besar sumbangan.
1. Cakalang = 1 juta ke atas 
2. Baronang = 500 ribu ke atas 
3. Katombo = 100 ribu ke atas
4. Mairo     = 50 ribu ke atas

Setelah penggalangan dana di lanjutkan dengan shalat Isya secara berjamaah. 

Add caption
suasana buka puasa tampak kanda Ramli mangerang (batik)
kanda muslih bersama ketua PW PII SUL-SEL 
tampak kehadiran kb wati
berdiskusi sejenak setelah buka puasa
KB dari Yogyakarta ikut hadir dan memperkenalkan diri
KB muda bersama ketua pw 
KB muda pw pii sul-sel 
Suasana Keakraban dalam buka puasa

Label: , edit post
0 Responses

Poskan Komentar